Kesehatan

Manfaat Asam Lemak Esensial Bagi Pertumbuhan Anak

Tidak dipungkiri jika banyak orang yang menganggap bahwa lemak adalah makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal, ada lemak yang justru memberikan manfaat lebih terutama bagi kecerdasan anak. Lemak ini disebut dengan asam lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel serta mengendalikan peradangan. Satu hal yang perlu bunda ketahui bahwa asam lemak esensial ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga harus dibantu oleh faktor luar. Dengan demikian, nutrisi otak dan pertumbuhan anak akan terjamin dan lebih optimal.

Asam lemak esensial ini mampu membantu terjadinya pembentukan sel, menguatkan sistem, mengatur sistem saraf, membangun sistem kekebalan tubuh, menguatkan sistem kardiovaskular dan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik. Dan yang lebih penting lagi adalah asam lemak esensial ini sangat penting untuk kesehatan fungsi mata dan otak.

pertumbuhan anak
pertumbuhan anak

Apa saja yang termasuk dari asam lemak esensial ini? Adalah omega 6 dan omega 3 yang memiliki lemak tak jenuh dan memiliki banyak manfaat sebagai nutrisi otak dan pertumbuhan anak. Pada umumnya, omega-6 sudah tersedia dalam makanan yang biasa disajikan sebaliknya omega-3 perlu mendapatkan perhatian lebih.

Ikan serta makanan laut seperti salmon, makarel, sarden, tuna, udang, lele, kerang, dan kepiting adalah beberapa jenis makanan penyumbang asam lemak esensial. Begitu juga dengan minyak tertentu seperti minyak canola, minyak kedelai, minyak walnut, dan produk kedelai lainnya. Tak lupa sayur serta buah seperti alpukat, kubis dan bayam. Biji chia, telur serta susu dan produk turunannya seperti mentega, keju dan yogurt adalah bagus untuk nutrisi otak dan pertumbuhan anak yang mengandung omega 3.

Berbicara soal kandungan asam lemak esensial terutama yang berkaitan dengan omega 6 dan omega 3, maka susu yang ada dipasaran sendiri sudah cukup diformulasikan dengan kebutuhan seperti ini. Artinya, dengan mengkombinasikan makanan sehat dan bergizi plus asupan susu sebanyak 500 ml atau dua gelas per hari maka kebutuhan nutrisi untuk perkembangan otak si buah hati sudah terpenuhi. Jadi, jangan ragu ya bunda untuk selalu memberikan yang terbaik buat tumbuh kembang si kecil terutama kecerdasannya.

Close